Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh Gelar Bimtek

istri mawardiTABLOIDSIMEULUE | TIM Penggerak PKK Kota Banda Aceh menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi pengelola taman bacaan dan pengelola koperasi wanita di Aula Lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh, Selasa 9 April 2013.

Bimtek yang akan berlangsung selama dua hari ini dibuka langsung oleh Ketua PKK Kota Banda Aceh, Ir. Nurshanti Adnan.

Dalam sambutannya, Nurshanti mengatakan Bimtek ini digelar dalam rangka pengembangan sumber daya manusia pengelola taman bacaan dan pengelola koperasi wanita di Banda Aceh.

“Untuk pengelola taman bacaan, mereka nantinya kita harapkan mampu mendorong minat baca anak-anak dan remaja kota sejak dini harus digalakkan membaca, karena melalui membaca seolah-olah kita telah membuka jendela dunia, dengan membaca kita akan mengetahui banyak hal yang belum pernah kita ketahui sebelumnya,” ujar Nurshanti.

Terkait dengan koperasi wanita, Nurshanti berharap kedepan seluruh gampong dalam Kota Banda Aceh akan memiliki koperasi wanita yang akan dikelola oleh PKK gampong.

“Dalam rangka pemberdayaan ekonomi kerakyatan, salah satunya adalah melalui kegiatan koperasi. Di sini kami sangat mengharapkan agar seluruh gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh akan terbentuk Koperasi Wanita (Kopwan),” kata Nurshanti.

Oleh karenanya, ujar Nurshanti, melalui Bimtek ini dirinya berharap agar para peserta dapat berperan aktif dalam pembentukan taman bacaan/perpustakaan dan koperasi Wanita di seluruh gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan dan TP PKK Tingkat Kota Banda Aceh, Nurshanti meminta agar dapat bekerja keras untuk mempercepat terbentuknya kedua lembaga tersebut (taman bacaan dan koperasi wanita) di seluruh gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh dan melakukan monitoring secara terus-menerus terhadap kelangsungan aktivitas kedua Lembaga dimaksud.

Sementara itu, Ketua Panitia Bimtek, Kamelia Nasri SE, melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini dilakukan adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pengelola taman bacaan dan pengelola koperasi wanita.

Katanya lagi, peserta yang ikut ambil bagian terdaftar sebanyak 200 orang yang dibagi dalam dua hari pelaksanaan Bimtek, yakni 9 April untuk 100 orang peserta dari pengelola taman bacaan. Sedangkan untuk pengelola koperasi wanita, Bimtek di gelar besoknya (Rabu 10 April-red) di Aula Lantai II, Gedung C Balaikota.

“Pada pelaksanaan Bimtek ini, panitia menghadirkan narasumber dari Badan Arsip Provinsi Aceh,” ujar lanjut Kamelia.[MRD/TS01]

Iklan