Kapal KM.Bestidul V,Tiga Tahun Terdampar Di Kabupaten Simeulue

Kapal KM Bestidul VSIMEULUE TABLOIDSIMEULUE | Satu unit kapal pengangkut semen KM Bestidul V, telah tiga tahun dibiarkan terdampar di perairan Kabupaten Simeulue.

Kapal yang berasal dari Padang Sumatra Barat itu tersangkut dan terdampar di salah satu pulau yang timbul setelah pasca gempa bumi dan tsunami 2004 lalu.

Petugas Syahbandar Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sinabang Syamsul Arif Hutagalung, mengatakan kapal itu terdampar sekitar sekitar tiga tahun lalu pada pertengahan 2010.

Dia mengatakan KM Bestidul V tersangkut ketika memasuki Teluk Sinabang pada pukul 03.00 WIB dinihari dalam suasana berkabut. Saat itu, kata Syamsul kapal dinahkodai oleh Kapten Kapal Mustafa.

“Kapten tidak bisa menghindari pulau kecil itu. Kapal bermuatan semen ada sekitar 500 ton, ditambah lagi berat kapal sekitar 400 ton,” kata Syamsul.

Perusahakan pemilik sudah berusaha menarik kapal tersebut. Namun, kata Syamsul, upaya itu belum berhasil. “Saat ini kita hanya mengawasi saja,” katanya.

Syamsul mengatakan meskipun tersedianya rambu lampu suar tanda pemandu kapal namun lintasan jalan masuk dan keluar kapal di Teluk Sinabang sangat sempit karena banyaknya pulau kecil dan daerah yang dangkal.[]

Iklan