Gua Jepang Peninggalan Perang Dunia II

gua-jepangBANTUL TABLOIDSIMEULUE | Gua yang satu ini, lain dengan gua-gua yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti gua Cerme, gua Selarong, gua gajah dan lain-lain. Gua Jepang lebih tepat disebut bunker karena memang bentuknya seperti tempat persembunyian yang dibuat oleh manusia.

Gua Jepang ini terletak di Dusun Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong sekitar 20 km arah tenggara Bantul.

Gua ini merupakan peninggalan Perang Dunia II sebagai sarana pertahanan militer Jepang pada tahun 1942-1945. Terutama dalam menghadapi Sekutu yang diperkirakan akan datang melewati laut selatan dan mendarat di sekitar pantai Parangtritis.

Di Kawasan gua Jepang ini ditemukan sejumlah 18 bangunan bunker yang sebagian besar masih utuh. Bentuk bunker tersebut beraneka ragam, sesuai dengan fungsinya, misalnya sebagai tempat pengintaian, ruang tembak, ruang pertemuan, gudang, dan dapur.

Wisatawan yang berkunjung di gua Jepang ini, selain melihat bunker-bunker yang ada, juga dapat menikmati pemandangan perbukitan dan pemandangan pantai selatan yang sangat bagus.

Ada hal mungkin perlu diperhatikan wisatawan adalah jalan menuju ke lokasi yang memang agak rusak. Tetapi kondisi ini akan terobati dengan pemandangan yang sangat cantik ketika sudah sampai di lokasi.[FAN/TS01]

Iklan