Pabrik Kelapa Sawit PDKS Diserahkan Ke Swasta

Ilustrasi Pabrik Kelapa SawitSIMEULUE TABLOIDSIMEULUE | Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) akhirnya diserahkan ke pihak swasta, yakni PT. Kasama Ganda untuk dilanjutkan. Pasalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue tidak sanggup lagi membiayai pembangunannya.

“Daerah tidak punya uang lagi untuk melanjutkan pembangunannya dan akhirnya diserahkan ke pihak ketiga yang sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah,” ujar Direktur Utama sementara PDKS, Ir Ibnu Abbas menjawab di Sinabang.

Ibnu Abbas mengatakan, dana daerah yang sudah dipakai untuk pembangunan pabrik sawit di kawasan kebun Kecamatan Teupah Selatan itu sudah mencapai Rp 19 miliar. Namun pabrik tersebut belum juga selesai.

Dikatakannya, dengan penyerahan kelanjutan pembangunan pabrik sawit itu ke pihak ke tiga, praktis PKS tersebut bukan lagi milik daerah. “Untuk saat ini pembangunannya sudah mencapai 40 persen,” sambungnya tanpa menjelaskan apakah uang daerah yang sudah dihabiskan untuk pembangunan PKS itu sebesar Rp 19 miliar itu akan dikembalikan oleh pihak ke tiga itu ataukah tidak.

Pada kesempatan yang sama, Ibnu Abbas juga menambahkan, nilai aset PDKS yang ada saat ini setelah dihitung sebanyak Rp 105 miliar. Sedangkan jumlah penyertaan modal pemerintah daerah di PDKS sejak didirikan hingga distop subsidi di tahun 2012, mencapai Rp 224 miliar di luar dana pinjaman melalui Bank Exim sebanyak Rp 3 miliar.

“Aset daerah saat ini di PDKS sebanyak Rp 105 miliar, sedangkan penyertaan modal awal sejak didirikan lebih kurang Rp 224 miliar,” imbuh Ibnu Abbas, yang turut didamping Direktur Operasioal PDKS Asmanudin.

Dirincikan, dari angka Rp 105 miliar tersebut, aset Pemerintah Daerah Kabupaten Simuelue di perkebunan sawit itu terdiri dari jalan, jembatan, lahan, dan tanaman seluas lima ribu hektare di dua lokasi yakni Kecamatan Teupah Selatan dan Kecamatan Teluk Dalam.

Sementara itu Ketua DPRK Simeulue H.Aryauddin yang ditanyai Walimedia menjelaskan, nama perusahaan swasta yang menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Simuelue untuk melanjutkan pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PDKS itu adalah PT Kasama Ganda. “Kita lakukan KSO (kerja sama operasi,red) dengan pihak swasta PT Kasama Ganda,” sebutnya.[TS01]

Iklan