Obama Menelepon Presiden Xi Jinping Untuk Menekan Korut

Presiden ChinaCHINA TABLOIDSIMEULUE | Amerika Serikat menekan Presiden baru China Xi Jinping untuk menekan rezim Korea Utara atau menghadapi meningkatnya kehadiran militer AS di kawasan dekat China, lapor New York Times seperti dikutip AFP.

Mengutip sumber-sumber tak disebutkan namanya, koran ini melaporkan bahwa Presiden Barack Obama telah menelepon Presiden Xi.

Para pejabat AS memberi arahan terinci kepada China mengenai rencana AS meningkatkan sistem pertahanan rudalnya dan langkah-langkah lainnya guna menjawab ancaman pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Belum lama ini China memprotes AS atas penggelaran kapal perang dan pesawat tempur di Semenanjung Korea, tulis New York Times.

Menurut koran AS itu, dalam beberapa pekan ke depan, Gedung Putih akan mengutus para pejabat senior ke China, termasuk Menteri Luar Negeri John Kerry yang akan mengunjungi Beijing Sabtu.

Dalam jangka pendek, tulis The Times, pemerintah AS menginginkan China memperketat lalu lintas barang terkena sanksi PBB ke Korea Utara.

Lalu untuk jangka panjang, AS menginginkan China membujuk Kim menghentikan provokasinya dan bersedia merundingkan pengakhiran program nuklirnya.[ANT/TS02]

Iklan