Nelson Mandela Keluar dari Rumah Sakit

nelson-mandelaJohannesburg TabloidSimeulue – Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela keluar dari rumah sakit pada Sabtu (6/4) setelah perawatan yang berkelanjutan dan bertahap, kata juru bicara Keprisidenan Afrika Selatan Kepresidenan.

“Mantan Presiden sekarang akan menerima perawatan di rumah,” kata juru bicara presiden Mac Maharaj.

Seperti dilansir Xinhua, “Presiden Jacob Zuma mengucapkan terima kasih kepada tim medis yang telah bekerja keras dan staf rumah sakit untuk menjaga Mandela ‘begitu efisien’,” kata Maharaj. “Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Afrika Selatan dan teman-teman Republik di Afrika dan di seluruh dunia atas dukungannya,” sambung Maharaj.

Mandela, 94, itu kembali dirawat di rumah sakit tak dikenal pada 27 Maret karena kambuhnya infeksi paru. Ini adalah ketiga kalinya Mandela dirawat di rumah sakit sejak Desember tahun lalu ketika ia dirawat di rumah sakit selama 18 hari untuk infeksi paru-paru dan batu empedu.

Pada tanggal 9 Maret, Mandela dijadwalkan untuk medical check up di sebuah rumah sakit di Pretoria untuk melihat kondisi yang ada sesuai dengan usianya. Namun dia bisa keluar dari rumah sakit hari itu juga.

Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan 1994-1999. Dia telah menghabiskan 27 tahun di penjara sebelum terpilih sebagai presiden pertama di negara itu setelah berakhirnya apartheid.

Masalah paru adalah hasil dari perkembangan penyakit tuberculoisis yang dideritanya ketika ia berada di penjara.

Kesehatan Mandela telah menjadi fokus perhatian dalam beberapa tahun terakhir. [CCV/TS01]

Iklan