Tammam Salam, Perdana Menteri Lebanon yang Baru

tammam-salamBEIRUT TABLOIDSIMEULUE — Tammam Salam, mantan menteri kebudayaan, diangkat sebagai perdana menteri Lebanon yang baru pada Sabtu (6/4) setelah diadakannya konsultasi parlemen dua hari.

Salam memenangkan dukungan hampir bulat untuk kepala pemerintahan baru, LBCI TV melaporkan bahwa ia mengumpulkan 124 suara dari 128 anggota parlemen.

Penamaan resmi diumumkan oleh kantor kepresidenan setelah diadakan konsultasi dengan Presiden Michel Suleiman yang diadakan di Baabda Palace dan berakhir pada Sabtu siang.

Pendahulu Salam, Najib Miqati menawarkan pengunduran diri dari kabinet pada 22 Maret menyusul kegagalan untuk mencapai kesepakatan atas perpanjangan mandat Internal Security Forces Direktur Jenderal Ashraf Rifi dan pembentukan Komite Pemantau Pemilihan.

Oposisi 14 Maret pasukan Libanon mengatakan pada Kamis (4/4) bahwa mereka telah memilih Salam sebagai nominator mereka di Premiership.

Seperti dilansir Xinhua bahwa Salam dianggap sebagai tokoh moderat, terpilih ke parlemen dua kali pada tahun 1996 dan 2009. Ia menjabat sebagai menteri kebudayaan 2008-2009.

Ayah Salam adalah mantan perdana menteri dan pemimpin sekte Sunni di Lebanon selama beberapa dekade.[xinhua/TB01]

Iklan